Sunday 28 September 2014

YUK MULAI MENANAM POHON KURMA

Hari hari ini temperature suhu udara diluar cukup panas dan berita di media mengabarkan banyak terjadi kebakaran hutan dimana mana dan bencana asap mengganggu perekonomian.
Anjuran bertanam dan memperhatikan lingkungan menurut Agama dan keyakinan penulis.

Rasulullah saw bersabda : tidaklah seorang muslim menanam tanaman, kemudian tanaman itu dimakan oleh burung, manusia, ataupun hewan, kecuali baginya dengan tanaman itu adalah sadaqah”. (HR. al-Bukhari dan Muslim dari Anas

Jadi amal seumur hidup tanaman yang tumbuh .

                                              KURMA JANTAN YANG TUMBUH SUBUR
                                      ADA DI SEKITAR KITA SEBAGAI HIASAN TAMAN


Fungsi lain dari udara/angin adalah dalam proses penyerbukan/ mengawinkan tumbuh-tumbuhan. Allah swt, berfirman dalam QS. al-Hijr (15): 22 sebagai berikut :
وَأَرْسَلْنَا الرِّيَاحَ لَوَاقِحَ فَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَسْقَيْنَاكُمُوهُ وَمَا أَنْتُمْ لَهُ بِخَازِنِينَ(22)
Terjemahnya :
Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan Kami turunkan hujan dari langit, lalu kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpan-nya.
Dengan menghubungkan dengan ayat yang tersebut diatas maka untuk pohon kurma agar  mudah berbuah maka harus dikawinkan seperti pohon salak.
                       bunga jantan                                     bunga betina
Dari hasil hunting pohon kurma di lingkungan penulis baru ketemu pohon kurma yang berbunga jantan saja.
 
Mari liat di sekitar mungkin ada yang betina .

No comments:

Post a Comment